“Membangun Pendidikan Melalui Sistem Digital Pada Sekolah Dasar”


Sambutan Ketua Pelaksana, Susilo Destiawan Marga, S. Pd

URPI – Ajang silaturrahmi kerap diadakan agar tetap terjalinnya ukhuwah. Dalam acara kali ini prodi PGMI UIN Raden Intan Lampung, tepatnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mengadakan acara pada hari Kamis, 5 Juli 2018 dengan tema “Seminar Pendidikan, Deklarasi Alumni dan Yudisium Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah” bertempat di Aula Cempaka, Hotel Nusantara Syariah. Acara ini di buka langsung oleh Pak Dekan FTK, Prof. Dr. H. Chairul Anwar, M. Pd. Acara kali ini sebagai ajang silahturahmi bagi lulusan, agar tidak terputus tali persaudaraan antara Kajur dengan para alumni, juga bertukar pikiran berbagi ide di IKA PGMI, dan kewajiban tuntutan untuk memenuhi borang untuk menunjang prodi.  Kegiatan prodi ada dua yaitu Kegiatan alumni untuk prodi dan menunjang non akademik. Diantaranya alumni banyak memberi sumbangan kepada prodi. Dalam hal melengkapi sarana dan prasarana ruang baca,meja baca membantu mahasiswa lain dalam mencari referensi menyusun Skripsi.

Alumni juga menyumbang sarana dan prasarana ke jurusan berupa meja kerja, lemari buku, arsip di jurusan, dan lcd.  Kegiatan ini bukan untuk seremonial semata. Tapi juga, untuk akrediitasi prodi PGMI. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan harus berkesinambungan untuk prodi. Kegiatan ini juga salah satu keinginan dari  pimpinan agar kerja sama prodi dan alumni tetap berlanjut dan bersinambubgan. Alhamdulillah  260 Alumni terbentuk. Terimakasih banyak, kepada semua Mahasiswa dan Alumni yang sudah membantu mensukseskan acara hari ini. Ucap Syofnidah Ifrianti, M.Pd, selaku ketua jurusan PGMI.

Dekan FTK Prof. Dr. H.Chairul Anwar, M. Pd dalam sambutan kali ini menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa FTK yang mendapatkan peringkat jumlah mahasiswa tertinggi pada dua tahun yang lalu diraih oleh prodi PGMI  mengalahkan prodi PAI. Kepercayaan masyarakat kepada prodi PGMI mulai sangat baik dibuktikan dengan semakin bertambah peminatnya. Cara paling mudah dalam mencari uang itu dengan pendidikan. Walaupun saat ini penghargaan guru belum sebagaimana mestinya yang kita ketahui bahwa guru sangat dibutuhkan sepanjang masa. Pesan saya untuk para alumni  mengabdilah, mengabdi tidak hanya berorientasi tentang uang tapi juga harus menganggap pengabdian sebagai bentuk ibadah. Guru tidak wajib dituntut untuk cantik ganteng agar menjadi model. Deklarasi Alumni dengan almamater prodi bahwa sudah memiliku web. Sehingga untuk mencari info bisa dengan menggunakan web. Kedepan manfaatkan teknologi tersebut dengan baik.

Kegiatan seminar ini juga untuk meningkatkan wawasan sistem digital. Jangan sampai guru tdk tau dalam penggunaan digital. Tapi, kita juga perlu menggunakan buku buku mutahir yang pasti sebagai seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

 

Selamat mudah-mudahan IKA PGMI bisa terdaftar pada forum sarjana pendidikan islam. IKA  keguruan dalam wadah forum sarjana pendidika islam (SPI) . Pak Imam selaku ketua forum SPI berpesan “Dunia kedepan tidak bisa sendirian harus mengajak teman. Semua itu harus ingat dengan ibadah. Saya ucapkan Terima kasih banyak kepada adik-adik mahasiswa. Sebab diadakannya yudisium ini sangat penting, untuk membantu mendeteksi mahasiswa yang sudah berhak untuk di wisuda. Selamat saya ucapkan kepada kalian semua yang akan di wisuda dan yang masuk kedalam IKA PGMI, semoga amanah dengan ilmu yang telah didapat selama dibangku kuliah ini. (ews)