Terwujudnya Fakultas yang kompetitif di tingkat Internasional dalam pengembangan Pendidikan Islam dan Keguruan integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan tahun 2035.
Misi FTK UIN Raden Intan Lampung
- Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan islam yang partisipatif dengan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi;
- Menyelenggarakan penelitian kolaboratif nasional dan international dalam mengembangkan Pendidikan Islam dan Keguruan integratif-multidisipliner, moderat dan berwawasan lingkungan;
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat kolaboratif nasional dan international dalam mengembangkan bidang Pendidikan Islam dan Keguruan integratif-multidisipliner, moderat dan berwawasan lingkungan;
- Melaksanakan Kerjasama Tridharma perguruan tinggi yang relevan dengan Pendidikan Islam dan keguruan Dalam Negeri maupun Luar Negeri.
Tujuan FTK UIN Raden Intan Lampung
- Menghasilkan Lulusan yang menguasai bidang Pendidikan Islam dan Keguruan, serta mahir memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
- Menghasilkan produk penelitian kolaboratif nasional dan International yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi Nasional dan International.
- Menghasilkan produk Pengabdian Kepada masyarakat kolaboratif nasional dan international yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi Nasional dan International.
- Menghasilkan Kerjasama Tridharma perguruan tinggi yang relevan dengan Pendidikan Islam dan keguruan dalam negeri maupun luar negeri.
Profil Lulusan Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Raden Intan Lampung:
- Guru Profesional pada bidang pendidikan Islam dan keguruan integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan;
- Manajer professional dan entrepreneurship pada bidang pendidikan Islam integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan;
- Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor Profesional dalam bidang pendidikan Islam integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan;
- Asisten Peneliti pada bidang pendidikan Islam dan keguruan integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan;
- Konsultan pada bidang pendidikan Islam dan keguruan integratif-multidisipliner yang moderat serta berwawasan lingkungan;
Capaiaan Pembelajaran Lulusan Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Raden Intan Lampung
- Sikap
Kode |
Rumusan Capaiaan Sikap |
S-1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S-2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S-3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, |
S-4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S-5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S-6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S-7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S-8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S-9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
S-10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
- Keterampilan Umum
Kode |
Rumusan Capaiaan Keterampilan Umum |
KU-1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU-2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU-3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU-4 |
menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU-5 |
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU-6 |
mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU-7 |
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU-8 |
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
KU-9 |
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
- Pengetahuan
Kode |
Rumusan Capaiaan Pengetahuan |
P-1 |
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
P-2 |
Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam,keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global |
P-3 |
Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik,psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; |
P-4 |
Memberikan layanan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Islam dan keguruan yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; |
P-5 |
Memfasilitasi pengembangan potensi relegius peserta didik secara optimal |
P-6 |
Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan Islam dan Keguruan |
P-7 |
Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas bidang Pendidikaan Islam dan Keguruan |
P-8 |
Menguasai teori belajar dan pembelajaran bidang Pendidikaan Islam dan Keguruan |
P-9 |
Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pada bidang Pendidikaan Islam dan Keguruan |
P-10 |
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Islam dan keguruan |
P-11 |
Memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian pada bidang Pendidikan Islam dan keguruan |
P-12 |
Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada bidang Pendidikan Islam dan keguruan |
P-13 |
Melakukan pendalaman bidang kajian Pendidikan Islam dan keguruan sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman |
P-14 |
Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam bidang Pendidikan Islam dan keguruan |
P-15 |
Mengembangkan kurikulum untuk bidang Pendidikan Islam dan keguruan sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan; |
P-16 |
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir bidang Pendidikan Islam dan keguruan |
P-17 |
Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan Pendidikan Islam dan keguruan yang kreatif dan inovatif; |
- Keterampilan Khusus
Kode |
Rumusan Capaiaan Keterampilan Khusus |
KK-1 |
Mampu menerapkan kurikulum pada bidang Pendidikan Islam dan keguruan sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum |
KK-2 |
Mampu menerapkan Pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Islam dan keguruan yang partisipatif dengan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi |
KK-3 |
Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif nasional dan international dalam mengembangkan Pendidikan Islam dan Keguruan integratif-multidisipliner, moderat dan berwawasan lingkungan; |
KK-4 |
Mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat kolaboratif nasional dan international dalam mengembangkan bidang Pendidikan Islam dan Keguruan integratif-multidisipliner, moderat dan berwawasan lingkungan; |
KK-5 |
Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk bidang Pendidikan Islam dan Keguruan |
KK-6 |
Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata. |
KK-7 |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Islam dan Keguruan di komunitas akademik maupun dan di masyarakat |
KK-8 |
Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pada bidang Pendidikan Islam dan Keguruan secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran |
KK-9 |
Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Islam dan Keguruan |
KK-10 |
Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar |
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
JMK SKS |
SEMESTER |
|
TEORI |
PRAKTEK |
||||||
1 |
Ilmu Pendidikan Islam |
Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menguasai dasar-dasar ilmu pendidikan Islam mencakup, teori pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, Kajian ontologi, epistimologi, dan aksionlogi ilmu pendidikan Islam |
2 |
1 |
3 |
I |
|
2 |
Psikologi Pendidikan |
Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menguasai teori perkembangan peserta didik, teori belajar, perkembangan Kognitif Peserta didik |
2 |
1 |
3 |
I |
|
3 |
Pengembangan Profesi Kependidikan |
matakuliah ini bertujuan untuk membantu calon guru dan profesi pendidikan dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk calon guru. |
2 |
1 |
3 |
II |
|
4 |
Perbandingan Pendidikan Dunia |
Matakuliah ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang sistem pendidikan di berbagai negara yang tergolong maju. |
3 |
1 |
4 |
II |
|
5 |
PPL |
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman Penerapan Teori ke Praktek, Pengembangan Keterampilan Praktis, Pengenalan pada Lingkungan Kerja, Pembentukan Identitas Profesional, Evaluasi Kesiapan Profesional, Pengembangan Jaringan Profesional, Refleksi dan Pengembangan Pribadi: |
1 |
3 |
4 |
VII |